Masalah di Kalangan Pemuda Indonesia

MASALAH di KALANGAN PEMUDA INDONESIA

Bangkitlah Pemuda Indonesia..!
            Pemuda merupakan cikal bakal penerus bangsa indonesia. Pemuda merupakan bibit-bibit manusia yang akan memimpin negara Indonesia di masa depan nanti. Para pemuda lah yang akan menjadi orang-orang yang berdiri di atas bangku jabatan pemerintah di kemudian hari nanti. Namun apa jadi bila pemuda Indonesia zaman sekarang memiliki atitud yang buruk? Memiliki sikap acuh terhadap sosial dan budaya indonesia? Menjadi pemuda hedonis yang hanya bisa menghabiskan harta orang tua mereka?

            Pemuda atau remaja merupakan salah satu proses menuju kedewasaan,  pada masa ini, anak – anak remaja mengalami perubahan secara fisik, psikologis, dan mental. Perubahan ini sangat dipengaruhi oleh keadaan sekitar mereka. Banyak pemuda-pemuda yang berusaha membangun bangsa negara indonesia menjadi lebih baik, nammun tidak sedikit pula pemuda yang hanya mementingkan kepentingan mereka sendiri.

            Masalah-masalah dikalangan pemuda bukanlah masalah sepele yang dapat kita biarkan begitu saja. Banyak dampak yang dapat terjadi apabila masalah ini dibiarkan terus menerus. Dapat kita lihat dari berbagai sumber bahwa permuda indonesia saat  ini banyak yang melakukan tindakan-tindakan yang buruk, seperti mabuk-mabukan, berjudi, free sex, memakai narkoba, bahkan sampai anak SMP melakukan tawuran antar remaja. Fenomena seperti ini sangatlah mudha di temukan di Indonesia, bahkan di perkotaan yang umumnya memiliki tingkat pendidikan yang lebih tinggi di bandi daerah pedesaan.

            Kekerasan remaja pada saat ini bukanlah hal asing lagi. Bahkan murid SMP yang baru saja menginjak masa remaja melakukan hal yang salah ini. Biasanya hal ini dipicu oleh masalah sepele. Namun karena ingkat emosional mereka yang masih rendah, mereka mudah sekali tersulut emosi sehingga terjadi bentrok antar pelajar SMP. Bahkan banyak juga anak-anak yang melakukan hal serupa karena di perintahkan oleh senior mereka. Pengajaran seperti ini adalah salah, banyak sekolah bahkan yang tidak memberikan sanksi yang tegas. Bahkan malah membiarkan murid-murid nya melakukan tawuran pelajar yang seharunya tidak boleh dilakukan.
            Tawuran pelajar akan mengakibatkan luka fisik bagi yang terlibat, namun apa jadi apabila yang dilakukan adalah mem-bully seorang temannya? Di dalam sebuah penelitian terbukti bahwa luka psikis lebih berat/lebih sakit daripada luka fisik. Luka psikis dapat menyebabkan hal yang sangat buruk pada korban. Tercatat bahwa korban pem bullyan di Indonesia tercatat cukup tinggi. Hal ini biasanya dilakukan oleh teman sekelas mereka atau rival dalam pergaulan mereka. Mereka melakukan hal ini untuk mngucilkan korban atau hanya iseng menjahili korban. Namun faktanya, dampak pada si korban sangatlah parah. Di indonesia yang banyak melakukan tawuran tentu memiliki siswa yang kurang terpelajar, hal ini menjadi salah satu alasan mengapa banyak kasus pembullyan di Indonesia. Alasannya karena ingin terhlihat kuat atau di pandang sebagai yang terkuat.

            Dalam penjabaran di atas, itu hanyalah dasar dari penyimpangan yang dilakukan para remaja di indonesia. Di tingkat yang lebih lanjut, remaja yang sudah biasa melakukan penyinpangan akan mudah sekali terjerumus ke dalam pergaulan yang lebih parah. Para remaja yang dulunya sering tawuran biasanya menjadi lebih buruk ketika mereka biasa nanti, para remaja yang sering melakukan hal ini biasa adalah anak-anak yang buruk dalam akademik. Sehingga ketika mereka menginjak tinggkat yang lebih tinggi banyak dari mereka yang bolos, malaas belajar, atau bahkan melakukan hal yang lebih buruk lagi.

            Biasanya , para pelaku penyimpangan ini banyak yang terjerumus karena pergaulan, seperti yang dijabarkan diatas, orang yang sudah melakukan tindak penyimpangan akan mudah sekali terjerumus kedalam hal yang lebih buruk lagi. Banyak pemuda-pemuda yang kerjaanya hanya mabuk-mabukan, menggunakan narkoba, bahkan mengedarkan narkoba. Hal itu dilarang di Indonesia, namun karena mereka ingin mencoba-coba maka mereka terbiasa dan terjerumus kedalam hal tersebut. Orang-orang yang seperti ini juga biasa mudah terjerumus kedalam Free sex. Free sex sudah sangat mudah sekali di temukan di Indonesia. Hal ini bahkan sudah dibuat menjadi hal yang lazim bagi para pemuda Indonesia. Dan yang ingin melakukan ini bukanlah hanya kaum lelaki, namun kaum perempuan pun sama.

            Di suatu kawasan di surabaya pun ada lokalisasi untuk orang-orang yang ingin melakukan sex dengan perempuan bayaran. Dan pemuda biasanya mahasiswa adalah pelanggan tetap mereka. Seberapa miris kita melihat hal ini, namun inilah faktanya. Moral pemuda Indonesialah yang sekarang harus di benahi. Karena moral inilah banyak pemuda Indonesia yang harusnya menjadi panutan bangsa dan negara nanti, malah menjadi imej buruk bangsa Indonesia.


            Penyimpangan dan permasalahan pemuda saat ini benar-benar harus di tanggulangi. Karena masalah dan penyimpangan di kalangna pemuda saat ini sudah sangat banyak. Sudah saatnya bagi kita para pemuda untuk mengubah cara pandang hidup kita agar kita dapat menjadi pemuda yang berguna bagi bangsa dan negara Indonesia. Serta dapat turut ikut serta dalam pembangunan moral pemuda agar para pemuda Indonesia dapat menjadi panutan bagi masyarakat indonesia sehingga dapat membuat Indonesia yang lebih baik.

Comments

Popular posts from this blog

Latar belakang pemuda dan Sumpah pemuda 1928

Harakiri, Budaya berani mati?!

Museum Bank Indonesia